7 Jenis Kacang-kacangan yang Baik untuk MPASI

  • Whatsapp
7-jenis-kacang-kacangan-yang-baik-untuk-mpasi
Foto: Canva.com pro

Bayi membutuhkan asupan nutrisi yang bisa mendukung tumbuh kembang secara sempurna. Selain ASI sebagai nutrisi yang paling baik, orangtua wajib mengenalkan makanan pendukung. Bahan MPASI yang memiliki banyak zat terbaik untuk perkembangan buah hati adalah kacang-kacangan. Manfaat susu kedelai bisa menjadi alternatif pengganti untuk bayi yang alergi susu sapi. Tentu pemberian olahan fermentasi kedelai harus diberikan pada bayi lebih dari 6 bulan dan berdasarkan anjuran dokter.

Kacang-kacangan sebagai bahan MPASI

Beberapa jenis kacang bisa Anda masukkan dalam daftar menu MPASI harian si kecil. Berdasarkan penelitian, berikut 7 jenis kacang-kacangan yang bisa menjadi bahan utama MPASI buah hati yaitu :

Read More

1. Kacang tanah

Jangan ragu memberikan kacang tanah yang sudah dibuat menjadi pasta agar bayi bisa menelan dengan mudah. Kacang tanah bisa meminimalisir risiko alergi hingga 80 persen, kok.

2. Kacang hijau

Jenis kacang-kacangan yang bisa Anda berikan lewat makanan pendukung adalah kacang hijau. Tentu orangtua harus kreatif membuat olahan kacang hijau yang baik untuk kesehatan, misalnya nasi tim, agar-agar kacang hijau dan lain-lain.

3. Kacang edamame

Kacang edamame mengandung protein dan kalsium yang cukup tinggi sehingga bisa mendukung pertumbuhan buah hati tercinta.

4. Kacang almond

Anda ingin meningkatkan kecerdasan bayi sejak usia dini, maka berikan kacang almond sebagai menu MPASI. Kandungan riboflavin dan L-carnitine sangat baik mendukung perkembangan otak anak, menekan risiko memiliki penyakit Alzheimer serta meningkatkan daya ingat.

5. Kacang merah

Bubur kacang merah yang halus bisa menjadi menu MPASI yang cocok untuk bayi. Kandungan zat besi, protein nabati dan serat efektif membantu bayi memiliki sistem pencernaan yang lancar.

6. Kedelai

Kacang kedelai bisa dikonsumsi dalam bentuk tahu atau bubur. Olahan tahu sangat disukai bayi yang sudah mulai mengenal makanan. Selain itu, manfaat susu kedelai sangat banyak asal konsumsi dilakukan setelah bayi berusia lebih 6 bulan dan tidak punya riwayat alergi kedelai.

Aturan memberikan MPASI kacang-kacangan pada bayi

Jika Anda memang tertarik memberikan MPASI berupa kacang-kacangan pada bayi, perhatikan aturan mengenai pemberian MPASI tersebut. Apa saja? Yuk, simak tips singkat berikut ini!

  1. Tidak memberikan dalam bentuk kacang-kacangan utuh yang bisa sebabkan bayi tersedak dan susah menelan.
  2. Ketahui cara membuat bubur dari kacang dengan tekstur yang aman. Pasalnya, bayi mengalami risiko tersedak saat mengkonsumsi bubur bayi yang terlalu lembut dan lengket.
  3. Jika memiliki riwayat keluarga yang alergi terhadap makanan, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter anak terbaik.

Mendapatkan info bayi yang kredibel bisa membantu Anda memberikan MPASI yang aman. Kesehatan bayi menjadi prioritas penting setiap orangtua di dunia ini, bukan? Jika bayi tidak memiliki reaksi alergi, memberikan jenis kacang-kacangan sebagai MPASI sangat baik dalam mendukung tumbuh kembang mereka.

 

Sumber

  • https://parenting.orami.co.id/magazine/kacang-kacangan-untuk-mpasi-anak/
  • https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2860161/aturan-pemberian-kacang-kacangan-pada-mpasi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *