Mengenal 4 Jenis Gerinda yang Banyak Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • Whatsapp

Mengenal-4-Jenis-Gerinda-yang-Banyak-Digunakan-Dalam-Kehidupan-Sehari-Hari
Kebutuhan manusia tidak terlepas dari aspek teknis yang berupa perhitungan, perancangan dan pengubahan bentuk pada benda-benda tertentu. Maka tidak heran jika jurusan teknis baik itu teknik mesin, teknik arsitek dan teknik lingkungan tidak pernah sepi dari mahasiswa baru. Salah satu perlengkapan yang sangat dibutuhkan dalam dunia teknik adalah gerinda.
Harga gerinda modern saat ini lebih terjangkau dan mudah didapatkan di toko bangunan terdekat.

Jenis-Jenis Gerinda

Gerinda umumnya digunakan memotong benda dengan ketebalan sedang serta menghaluskan permukaan suatu benda. Tetapi dari hari ke hari fungsi utama tersebut mengerucut menjadi fungsi spesifik yang memerlukan modifikasi bentuk dari gerinda. Oleh karena itu, diciptakan berbagai jenis gerinda yang memiliki fungsi spesifik. Berikut ini jenis-jenis gerinda yang bisa ditemui dengan mudah di Indonesia:

Read More

1. Surface Grinding (Mesin Gerinda Datar)

Menjadi salah satu jenis mesin modern, gerinda permukaan berfungsi untuk membuat bentuk datar atau meratakan permukaan. Cara kerja mesin ini terbagi menjadi empat yaitu dengan gerak horizontal bolak-balik dan vertikal serta gerak vertikal bolak-balik dan berputar.

Anda dapat mengoperasikan mesin gerinda datar ini dengan otomatis maupun manual. Jika Anda memilih mengoperasikan dengan otomatis, pastikan posisi benda tidak mudah tersenggol.

2. Mesin Gerinda Lurus

Nah, kalau jenis mesin gerinda yang satu ini biasanya banyak dimiliki oleh tukang pigura dan pengrajin kayu. Fungsi utamanya adalah membuat ukiran atau profil pada permukaan benda. Batu gerinda pada jenis gerinda yang satu ini berukuran kecil sehingga fleksibel digunakan untuk mengukir. Bentuknya pun lebih kecil dan sederhana dibandingkan jenis gerinda yang lainnya.

Selain cocok untuk digunakan untuk mengukir ukiran pigura, Anda dapat menggunakan gerinda lurus untuk membuat ukiran pada lemari dan kayu. Daya tekan saat mengukir sangat mempengaruhi hasil ukuran Anda nantinya.

3. Mesin Gerinda Tangan

Merupakan gerinda yang paling banyak dibutuhkan dan dimiliki masyarakat, harga gerinda tangan ini rupanya menjadi harga gerinda modern yang terjangkau. Mesin gerinda tangan ini bisa digunakan untuk menggerinda logam, kayu, kaca dan bahkan bisa digunakan untuk memoles mobil yang lecet.

Gaya penggerak yang ada pada gerinda ini diteruskan mulai dari engkol melalui transmisi roda gigi hingga pada akhirnya sampai ke roda gerinda.

4. Mesin Gerinda Duduk

Apabila Anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan berkaitan dengan benda-benda kecil seperti bor, mata bajak atau alat-alat berukuran kecil lainnya maka mesin gerinda yang satu ini cocok untuk Anda pilih.

Ada dua jenis batu gerinda yang digunakan yaitu batu gerinda halus dan kasar. Anda dapat menggunakannya untuk memotong dengan batu gerinda kasar tersebut dan dengan batu gerinda halus Anda dapat menjadikannya alat pengasah.

Itulah jenis gerinda yang bisa Anda sesuaikan dengan keperluan Anda. Setiap gerinda memiliki karakteristik masing-masing baik dari segi bentuk, batu gerinda dan fungsinya. Anda dapat memilih batu gerinda dengan berbagai ukuran dan ketebalan. Bersihkan gerinda dan komponennya setelah selesai digunakan.

Hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan gerinda adalah posisi gerakan gerinda dengan posisi tangan Anda. Banyak kasus yang terjadi dimana tukang yang menggunakan gerinda tangannya terkena batu gerinda juga. Oleh sebab itu, pastikan Anda benar-benar memperhatikan gerakan tangan dengan hati-hati. Harga gerinda modern yang tinggi tidak menjamin keselamatan Anda, Anda sendirilah yang bisa menjaga keselamatan saat menggunakan gerinda.

Semoga ulasan di atas bisa menambah referensi bagi Anda, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *